Posted on

Tahukah anda tentang sholat hajat? Sholat hajat merupakan sholat yang dilakukan sebanyak dua rakaat sholat untuk memanjatkan keinginan kepada Allah SWT. adanya sholat hajat ini memang disyariatkan dalam agama Islam seendiri agar hambar yang memiliki keinginan bisa segera terwujud keinginannya.

Waktu Shalat Hajat

Ada beberapa jenis waktu diperbolehkan dan tidak diperbolehkannya sholat mustaja. Bahkan ada beberapa waktu-waktu dalam sehari yang merupakan waktu sholat hajat yang mustajab. Berikut ini ulasannya.

Waktu diperbolehkan melakukan sholat hajat

Pada umumnya, anda diperbolehkan untuk melakukan sholat hajat tiap kali memiliki keinginan yang kuat atau harus segera tercapai. Ketika hal tersebut, anda bisa lakukan sholat hajat kapanpun anda inginkan. Perlakuan sholat hajat secara rutin diketahui bisa mempercepat terkabulnya suatu keinginan. Tentu saja hal tersebut harus diiringi usaha yang kuat.

Beberapa waktu sholat hajat yang mustajab dianggap terjadi pada malam hari. Ketika malam hari tenang, dan tidak ada yang mengganggu kekhusyukan anda dalam menunaikan sebuah doa dna keinginan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sepertiga malam terakhir yaitu pukul 01:00 hingga waktu fajar tiba, dianggap sebagai waktu sholat hajat yang mustajab. Karena pada sepertiga malam terakhir tersebut berkah Allah melimpah sehingga doa anda kemungkinan besar akan dikabulkan.

Waktu yang dilarang dalam melakukan sholat hajat

Namun anda tidak bisa sembarangan juga melakukan sholat hajat di waktu-waktu yang dilarang oleh syariat Islam. Waktu-waktu tersebut adalah :

  1. Waktu zhahirah : yaitu suatu waktu dimana matahari berada tepat di tengah langit.
  2. Waktu syuruq : yaitu suatu waktu dimana matahari berada terbit hhingga berukuran setinggi tombak.
  3. Waktu dimana matahari terbenam hingga sebelum waktu sholat maghrib tiba.

Melakukan sholat hajat memang harus disertai konsentraisi dan kekhusyukan tingkat tinggi. Usahakan selalu memikirkan Allah dan tujuan adna dalam melakukan sholat hajat. Panjatkan doa yang benar-benar tulus dengan merendahkan diri di hadapan-Nya. Lalu setelah melakukan sholat, pasrahkan semuanya pada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga keinginan anda terkabul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *