Posted on

Bhabinkamtibmas adalah singkatan dari Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Yang merupakan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) yang bertugas membina keamanan dan ketertiban masyarakat (KAMTIBMAS)dan terhitung merupakan pengemban manfaat Pemolisian Masyarakat (POLMAS) di Desa atau Kelurahan manapun.

 

www.kompolmas.tv

Bhabinkamtibmas merupakan perubahan nama berasal dari Babinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat).

Sesuai dengan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, perihal sebutan Babinkamtibmas (Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) menjadi Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang di emban oleh setiap bagian Polri berasal dari kepangkatan Brigadir hingga bersama dengan Inspektur.

Fungsi Bhabinkamtibmas adalah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan Kunjungan atau Sambang ke Masyarakat.
  2. Membimbing dan menyuluh di bidang hukum serta Kamtibmas untuk tingkatkan Kesadaran Hukum (Kadarkum) dan Kamtibmas dengan menghormati tinggi Hak Asasi Manusia (HAM)
  3. Menyebar luaskan informasi perihal kebijakan Pimpinan Polri yang berkaitan dengan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas)
  4. Mendorong pelaksanaan Siskamling didalam pengamanan lingkungan dan kesibukan masyarakat
  5. memberikan pelayanan Kepolisian bagi masyarakat yang membutuhkan
  6. menjalankan kegiatan masyarakat yang positif
  7. berkoordinasi bersama dengan Perangkat Desa dan pihak lainnya didalam upaya pembinaan kamtibmas
  8. Melaksanakan Mediasi, konsultasi , Negosiasi, Fasilitasi, Motivasi kepada masyarakat didalam Harkamtibmas dan pemecahan masalah kejahatan dan sosial.

Terkait dengan peran Bhabinkamtibmas, maka Bhabinkamtibmas itu perlu menjadi teladan dan pelindung bagi masyarakat, Mampu lebih dekat dan lebih mendengarkan segala keluhan berasal dari masyarakat, Keluhan apa saja dan segala hal permasalahan.

Selain itu, Bhabinkamtibmas pun berperan sebagai mata dan telinga Polri, Mengapa demikian?  Hal itu dikarenakan Bhabinkamtibmas merupakan ujung tombak, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia yang bertugas dan bersentuhan segera bersama dengan masyarakat.

Kemudian apakah Bhabinkamtibmas perlu dapat selesaikan segala permasalahan ? Jawabnya adalah tidak wajib, Namun Bhabinkamtibmas perlu dapat memfasilitasi, Memediasi dan upaya- upaya lainnya lewat forum- forum yang lebih tepat agar permasalahan dapat segera terpecahkan dan dapat jalan keluarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *